Inilah Ciri-ciri Perkutut Jantan dan Betina

Inilah Ciri-ciri Perkutut Jantan dan Betina

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai ciri-ciri perkutut jantan dan betina. Serta apa saja ciri ciri dan bentuk bentuk yang bisa dijadikan acuan dalam menentukan jenis kelamin perkutut jantan dengan perkutut betina.

Sebelum membedakan ciri perkutut jantan dengan perkutut betina terlebih dahulu kita harus mengetahui mengenai seluk beluk burung perkutut. Burung perkutut mempunyai panjang kurang lebih sekitar 9 sampai 16 cm. Bentuk bagian kepala burung perkutut lebih bulat dan kecil dengan corak warna abu abu di bagian leher burung. Itulah ciri ciri fisik burung perkutut yang pada saat ini sedang populer karena seringnya diselenggarakan perlombaan khusus burung perkutut.

Burung perkutut lebih menyukai hutan yang agak kering dan agak terbuka dibandingkan dengan tinggal di hutan yang lebat atau banyak pohonnya. Pada umumnya burung perkutut sangat menyukai hidup bergerombol dan senantiasa tinggal bersama keluarganya. Burung perkutut sangat suka bertempat tinggal di pinggiran hutan. Dan bahkan lebih suka bila hidup di kawasan pemukiman manusia.

Jenis makanan asli burung perkutut pada waktu di hutan adalah biji bijian, bunga, dan benih tanaman. Burung perkutut sangat kompak jika berhubungan dalam hal merawat anak anaknya. Burung perkutut jantan dengan pasangannya perkutut betina akan bergantian dalam menjaga anak anaknya dari segala macam bahaya.

Membedakan ciri perkutut jantan dengan ciri perkutut betina tidak terlalu sulit. Cara yang paling mudah untuk membedakan jenis kelamin burung perkutut adalah dengan cara meraba bagian perut di dekat dubur atau lebih dikenal dengan bagian supit udang.  Untuk lebih jelasnya langkah langkah mengetahui ciri ciri perkutut jantan dengan betina adalah:
  • Pegang badan burung perkutut dengan hati hati, jangan terlalu keras genggamannya, juga jangan terlalu longgar agar tidak kabur. Peganglah perkutut dengan menggunakan tangan sebelah kiri, karena tangan sebelah kanan untuk meraba dan meneliti supit udang.
  • Kemudian raba bagian supit udangnya di perut dekat dubur, dengan memakai ibu jari tangan kanan.
  • Jika ternyata supit burung perkutut tersebut jaraknya sangat dekat, keras, dan agak rapat maka jenis kelamin perkutut tersebut adalah jenis kelamin jantan.
Sebaliknya jika supit burung perkutut yang kita raba terasa lunak, maka jenis kelaminnya adalah betina.

Cara lain yang bisa membedakan ciri perkutut jantan dengan perkutut betina adalah dengan melihat ciri khusus pada burung tersebut, di antaranya:
  • Di bagian muka dekat dahi jika ada warna putihnya, maka itu adalah burung perkutut jantan, sedangkan untuk perkutut betina tidak ada tanda atau warna khusus di dahi.
  • Bentuk burung perkutut kelamin jantan memiliki ukuran memanjang dan lonjong, sedangkan perkutut betina bentuknya lebih ke arah bulat.
  • Kicauan perkutut jantan mempunyai volume dan nada yang keras dan besar, sedangkan perkutut betina jika berkicau mengeluarkan suara yang lebih pelan.
Demikian perbedaan ciri-ciri perkutut jantan dan betina. Membedakan jenis kelamin burung perkutut tidak terlalu sulit, asalkan mencoba berulang ulang pasti bisa mengenal perbedaan perkutut jantan dengan perkutut betina. Dengan mengetahui informasi tentang perbedaan ciri perkutut jantan dengan perkutut betina semoga dapat dengan mudah menentukan jenis kelamin burung perkutut. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi rujukan bagi para pecinta burung yang kebingungan dalam membedakan jenis kelamin burung perkutut.


Share on: Facebook Google+

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top