Bagaimana Cara Agar Hamster Cepat Hamil atau Beranak?

Bagaimana Cara Agar Hamster Cepat Hamil atau Beranak?

Bagaimana cara agar hamster cepet hamil atau beranak? Prinsipnya jika hamster itu sehat, tidak stress dan dirawat dengan tepat maka hamster akan cepat hamil atau beranak. Berikut ini saya akan share tips cara memelihara hamster yang benar supaya cepet hamil atau beranak.


1. Ketahui Jenis Hamsternya
Cepat atau lambat hamster hamil tergantung dari jenis hamster karena masing-masing jenis hamster memiliki masa fubertas atau umur dimana dia siap dikawini yang berbeda-beda. Sebagai contoh jenis hamster Syirian/Campbell memiliki masa dewasa kelamain sekitar umur 2-3 bulan, roborovski 7-8bulan dan hybird 4-5 bulan.

Jika anda mengeluh karena lamanya hamster tidak hamil, itu bisa jadi karena hamster anda belum dewasa kelamain. Maka dalam hal itu coba dilihat dulu umur hamsternya. Jika anda tidak mengetahui umur hamster, maka anda bisa membedakan hamster sudah dewasa kelamin atau belum dengan mengamati bagian bawa hamster (jika betina ditandai dengan puting susu yang sangat jelas, sedangkan hamster jantan ditandai dengan alat kelamin yang sudah kelihatan menonjol di daerah pantat).

2. Perhatikan kandang dan lingkungan
Seperti kita ketahui, kandang yang bersih dan nyaman dapat memmpengaruhi stress atau tidaknya hamster anda. Selain itu hamster butuh lingkungan tempat tinggal yang nyaman, sehingga hamster akan nyaman hidup dan berkembang biak (beranak).

3. Perhatikan Makanan/ Pakan
Bagaimana memberi pakan hamster yang benar? Berikut ini saya akan berikan tips buat anda.  Terutama berilah pakan yang baik untuk hamster yaitu pakan yang mempunyai nilai gizi yang seimbang. Jangan berikan pakan yang kelebihan karena dapat mengakibatkan obesitas.  Jika hal itu terjadi maka jagan kaget jika hamster anda menjadi kanibal.

Cara memberikan pakan yang benar:
  • Untuk hamster yang masih anakan, berikan biji bunga matahari dan stop pemerian biji bunga matahari bila hamster sudah dewasa kelamin.
  • Hindari pemberian pakan berlebihan apalagi pakan yang mengandung banyak protein seperti kacang hijau, pellet ikan koi dan ampas tahu karena bisa mengakibatkan hamster menjadi kanibal.
  • Wajib memberi biji milet putih atau hijau pada hamster, karena biji milet secara tidak langsung dapat meningkatkan produktifitas pada hamster.
  • Berikan air minum yang cukup dan bersih kedalam tempat khusus, anda juga bisa memberikan buah-buahan segar sebagai pengganti air minum.
  • Berikan kecambah atau touge.
Nah, setelah tips yang saya jelaskan diatas sudah diberikan sudah dilakukan dengan benar, langkah selanjutnya adalah melakukan breeding. Berikut tips singkat cara breeding hamster.
  • Tunggu sampai hamster betina mengalami birahi. Biasanya siklus birahi hamster betina adalah setiap 4 hari sekali. Hamster betina birahi ditandai dengan perubahan prilaku seperti suka nungging dan menjadi lebih manja, hal itu disebabkan oleh perubahan hormonal. Dan ciri yang paling khas yaitu terlihat dari vagina yang berubah warna menjadi pink dan keluar lender dari dalam lubang vagina.
  • Jangan sekali-kali mengkawinkan hamster disaat hamster betina tidak birahi, karena dapat berakibat hamster betina menyerang hamster jantan dan bahkan bisa membunuh si pejantan.
  • Sebelum mengkawinkan hamster, coba menempatkan 2 sisi kandang hamster betina dan jantan secara berdekatan, sehingga meraka dapat saling mengenal satu sama lain.
  • Selanjutnya disaat hamster betina birahi, silakan masukan betina ke kandang jantan. Pada dasarnya hamster merupakan hewan nokturnal, jadi waktu yang terbaik untuk mengawinkannya adalah di sore hari. Tempatkan mereka kekandang cadangan, netral, atau kandang lain selain kandang yang biasa digunakan. Karena biasanya hamster betina akan menyerang pejantan jika dia dimasukkan ke dalam kandangnya. Jika mereka berkelahi, segera pisahkan mereka dari kandang, dan coba lagi lain hari. Mungkin mereka belum begitu akrab. Sabarlah dan terus ikuti langkah-langkah ini sampai mereka kawin. Jika Anda gagal dan melewatkan masa birahinya, maka tunggulah selama 4 hari lagi sampai si betina kembali minta kawin.
  • Setelah kawin selesai, maka isolasi hamster betina. Karena ada beberapa hamster jantan yang suka menyerang dan memakan anaknya. Demikian artikel Agar Hamster cepat hamil atau beranak. Terimaksih n selamat mencoba.


Share on: Facebook Google+

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top